Selasa, 03 April 2012

Jumat Agung dan Paskah

Tak terasa tahun 2012 telah memasuki bulan April.
Nah adik-adik, apa yang adik-adik ingat dan apa yang membuat bulan April begitu berkesan pada kita?
Ya,, betul sekali! Kita memperingati hari dimana Tuhan Yesus disalibkan demi menebus umat manusia. Dan kemudian Ia bangkit pada hari yang ke-tiga. Dia telah mengalahkan mauttt...  dan selamatlah kita. :)


Sekarang kita review yok apa saja simbol-simbol apa saja yang kita pergunakan dalam rangka perayaan paskah?

1. Telur Paskah

Telur Paskah berasal dari kesuburan kaum Indo-Eropa. Bagi para leluhur kita yang belum mengenal ajaran Kristiani sungguh merupakan suatu peristiwa yang menakjubkan menyaksikan suatu makhluk hidup yang baru muncul dari suatu obyek yang nampaknya mati. Bagi mereka telur merupakan simbol musim semi. Pada masa silam, di Pesia orang biasa saling menghadiahkan telur pada saat musim semi yang sekaligus mereka anggap itu adalah tandanya memasuki tahun baru.


Pada masa Kristen, telur mendapatkan makna religius, yaitu sebagai simbol makam batu dari mana Yesus Kristus keluar menyongsong hidup baru melalui kebangkitanNya. Selain itu ada alasan yang sangat praktis menjadikan telur sebagai tanda yang sangat istimewa sukacita Paskah yaitu: Dulu, telur adalah makan pantang pada masa pra-paskah. Kaum beriman dari dulu telah mewarnai telur dengan warna - warna yang cerah, meminta berkat atasnya, menyantapnya serta memberikannya kepada teman sebagai hadiah Paskah

2. Kelinci Paskah

Info lengkapnya boleh diliat di web sebelah ya! Simbol Paskah