Syalommm....
Paling trend nya neh di sekolah minggu dalam perayaan paskah tuh pasti wajib mewarnai telur!! ^_^
Nah,, selain itu apa lagi ya kegiatan yang akan kita buat untuk anak-anak sekolah minggu??? Yuk kita intip di blog sebelah kita :)
Paling trend nya neh di sekolah minggu dalam perayaan paskah tuh pasti wajib mewarnai telur!! ^_^
Nah,, selain itu apa lagi ya kegiatan yang akan kita buat untuk anak-anak sekolah minggu??? Yuk kita intip di blog sebelah kita :)
Bila anda membutuhkan ataupun bingung buat acara/ kegiatan paskah di sekolah minggu, yukk kita intip tips berikut yang saya copas dari web SABDA.org. Mohon ijin ya sabda, di tampilkan di web ini :)
Semoga bisa membantu rekan-rekan guru sekolah minggu di seluruh tanah air.
IDE-IDE ACARA PASKAH DI SEKOLAH MINGGU
Oleh: Davida Welni Dana
Menjelang Paskah, para pelayan anak mulai sibuk dengan
persiapan-persiapan acara untuk kegiatan kelas atau perayaannya. Yang
pasti, setiap pelayan anak rindu agar semua kegiatan maupun perayaan
dapat membawa anak semakin memahami makna sejati dari peristiwa
kematian maupun kebangkitan Tuhan Yesus.
Untuk membawa anak mengalami makna Paskah yang sebenarnya, kegiatan
yang dilaksanakan di sekolah minggu tentunya harus direncanakan dengan
baik. Jangan sampai kegiatan hanya berisi hal-hal yang menyenangkan
hati anak, namun tidak berpedoman pada firman Tuhan. Berikut ini
adalah ide-ide yang masih dapat Anda kembangkan lagi dalam mengadakan
perayaan Paskah di sekolah minggu maupun pelayanan anak yang lain.
1. Membaca ayat-ayat Alkitab mengenai kematian dan kebangkitan Yesus
dengan metode drama.
Ajak anak untuk membaca Alkitab secara drama, mulai dari peristiwa
minggu sengsara sampai dengan kebangkitan Yesus. pembacaan Alkitab
tidak harus dibacakan dalam satu kali pertemuan. Bisa dijadwalkan
untuk membaca ayat-ayat yang berbeda pada setiap hari Minggu.
Persiapan dan pelaksanaan:
a. Sebelumnya, guru mempersiapkan dulu tokoh-tokoh siapa saja yang ada
dalam bacaan.
b. Tentukan seorang anak yang memerankan tokoh-tokoh yang ada dalam
Alkitab, khususnya bagian ayat yang berisi percakapan tokoh.
Tentukan juga satu orang narator untuk membaca ayat-ayat yang bukan
bagian dari percakapan. Jika itu adalah percakapan dari orang
banyak, bisa meminta seluruh kelas pula untuk membacakannya.
c. Pembacaan ayat Alkitab bisa diiringi dengan musik-musik lagu
Paskah. Bisa juga dengan iringan gitar/keyboard yang tidak terlalu
keras volumenya.
d. Anda bisa melihat dan mendengarkan contoh pembacaan Alkitab dengan
metode drama untuk peristiwa Paskah dalam URL berikut ini.
- Kisah Paskah dari Yohanes 18 (Penangkapan - Pengadilan)
==> http://www.youtube.com/watch?v=-SBtP6x1wzw
- Kisah Paskah dari Markus 3 (Kebangkitan - Kenaikan)
==> http://www.youtube.com/watch?v=Q6yxmYcDNkk
e. Setelah anak-anak membaca sesuai perannya masing-masing, ajak anak
untuk merenungkan pembacaan firman Tuhan saat itu. Minta anak-anak
untuk mengambil pelajaran rohani mengenai Yesus dari situasi yang
terjadi, atau mengenai tokoh yang mereka perankan.
2. Kegiatan "membasuh kaki".
Sebelum masuk dalam masa sengsara dan kematian-Nya, Tuhan Yesus
membasuh kaki setiap murid-Nya. Tuhan Yesus melakukan ini untuk
memperingatkan setiap murid bahwa mereka harus saling mengasihi,
saling melayani, dan meneladani semua yang telah Yesus lakukan selama
mereka bersama-sama di dunia. Kita pun bisa membawa suasana yang penuh
haru tersebut ke tengah-tengah anak layan.
Persiapan dan pelaksanaan:
a. Sebaiknya dilakukan kegiatan di luar ruang kelas karena akan basah.
b. Peralatan yang diperlukan: ember/baskom, timba/gayung, handuk kecil.
c. Sebelumnya, ceritakan terlebih dahulu ketika Tuhan Yesus membasuh
kaki murid-murid-Nya. Bawa mereka untuk paham makna dari pembasuhan
kaki tersebut.
d. Minta anak-anak duduk di kursi. Setiap guru yang ada bergantian
membasuh kaki setiap anak dengan air dan setelah itu menyekanya
dengan handuk kecil.
e. Sambil membasuh kaki murid, katakanlah, "Yesus mengasihimu, saya
pun mengasihi kamu."
f. Ketika guru selesai, bimbing anak untuk melakukan hal yang sama
kepada teman-temannya.
g. Saat seluruh anak sudah selesai saling membasuh kaki, minta mereka
untuk berbagi lewat tulisan atau secara lisan. Pelajaran apa yang
mereka ambil dari teladan Tuhan Yesus dan apa yang mereka rasakan
ketika guru dan temannya membasuh kaki mereka. Apa pula yang mereka
rasakan ketika mereka membasuh kaki teman mereka?
h. Tutup kegiatan dengan doa ucapan syukur atas kasih Tuhan kepada
mereka, dan mohon kepada Tuhan untuk memampukan mereka meneladani
kasih Kristus.
3. Menulis makna kematian dan kebangkitan Kristus (kelas besar).
Ketika merayakan Paskah, mungkin tidak semua anak secara mendalam tahu
makna sesungguhnya dari perayaan tersebut. Untuk menolong mereka, guru
bisa meminta setiap anak menuliskan makna kematian dan kebangkitan
Kristus bagi diri mereka.
Persiapan dan pelaksanaan:
a. Sebelum bercerita, minta anak untuk terlebih dahulu menuliskan
pendapat mereka mengenai makna perayaan Paskah yang mereka rayakan
setiap tahun.
b. Minta anak-anak untuk menyimpan dulu tulisannya ketika waktu
bercerita dimulai.
c. Guru bercerita tentang makna sejati perayaan Paskah sesuai yang
tertulis dalam Alkitab.
d. Ketika selesai bercerita, minta anak-anak untuk kembali melihat
tulisan mereka. Apakah selama ini pengertian mereka tentang
perayaan Paskah sudah sesuai dengan firman Tuhan? Minta anak-anak
menuliskan kembali pemahaman mereka setelah mendengarkan firman
Tuhan yang disampaikan oleh guru.
e. Jika ada anak yang berani dan mau membagikan hasil tulisan mereka,
silakan minta mereka untuk berbagi di depan kelas membacakannya.
f. Tutup kegiatan dengan doa ucapan syukur atas kasih dan pengorbanan
Yesus yang amat besar untuk menebus mereka dari dosa.
4. Menonton Youtube Paskah atau film kisah hidup Yesus.
Selain membaca Alkitab dan mendengarkan kisah Paskah dari guru sekolah
minggu, anak-anak dapat pula menonton kisah Paskah dari Youtube atau
film kisah hidup Yesus. Dengan visualisasi, mereka akan lebih bisa
memahami kisah tersebut. Tapi sebelum menonton, mereka harus sudah
terlebih dahulu mendengarkan kisah-kisah Paskah dari Alkitab melalui
pengajaran di sekolah minggu.
Persiapan dan pelaksanaan:
a. Pilih beberapa video Paskah yang tersedia di internet. Beberapa
pilihan yang dapat Anda akses dapat dilihat dalam halaman Video di
situs Paskah.Co < http://paskah.co/Video >
- Kisah Paskah dari Injil Matius < http://paskah.co/Video#Matius >
- Kisah Paskah dari Injil Markus < http://paskah.co/Video#Markus >
- Kisah Paskah dari Injil Lukas < http://paskah.co/Video#Lukas >
- Kisah Paskah dari Injil Yohanes < http://paskah.co/Video#Yohanes >
- Tujuh Perkataan Salib < http://paskah.co/7_Perkataan_Salib >
- Daftar Film Yesus dalam 50 Bahasa < http://paskah.co/Film_Yesus >
b. Setelah selesai menonton video/film Paskah, minta anak-anak untuk
membagikan apa yang paling mereka syukuri ketika melihat video/film
yang baru saja mereka tonton.
c. Tutup acara dengan sedikit kesimpulan dari guru dan pembacaan
sebuah ayat firman Tuhan. Setelah itu berdoa dan mengucap syukur atas
kasih Tuhan.
5. Guru-guru memainkan drama Paskah.
Jika selama ini guru hanya menyampaikan cerita Paskah dengan metode
bercerita, mungkin kini saatnya memberikan sesuatu yang lain kepada
anak. Berceritalah dengan cara memainkan drama. Beberapa guru bisa
dilibatkan atau beberapa pemuda gereja, jika jumlah guru kurang
memadai.
Persiapan dan pelaksanaan:
a. Ambil satu perikop peristiwa kebangkitan Yesus dari Alkitab.
b. Tetapkan pemeran-pemeran yang sesuai dengan tokoh dalam perikop
tersebut.
c. Persiapkan latar/dekorasi sesederhana mungkin, bisa dari peralatan
yang memang ada di sekitar sekolah minggu/alam.
d. Kostum guru-guru bisa menyesuaikan pula (tampil beda dari
penampilan biasanya) dengan kreasi dari kain/kostum yang memang
sudah ada.
e. Perlu diperhatikan, pementasan drama perlu persiapan cukup baik
agar bisa ditampilkan dengan lancar di depan anak.
f. Pelaksanaan:
- Pementasan drama merupakan bagian dari ibadah Paskah. Jadi, buka
acara dengan urutan acara yang sudah disiapkan (pujian, doa, dsb..)
- Ketika acara penyampaian firman Tuhan tiba, seorang guru sekolah
minggu (narator) perlu memberikan penjelasan kepada anak tentang
kisah Paskah. Dan, minta anak untuk menyiapkan diri menyaksikan
drama Paskah dari guru-guru mereka.
- Mulailah guru melakukan pementasan drama.
- Saat pementasan sudah selesai, narator kembali mengambil alih dan
bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan refleksi untuk anak. Pastikan,
drama yang mereka saksikan dapat mereka mengerti dengan memberikan
pertanyaan-pertanyaan panduan.
g. Setelah pementasan drama selesai, lanjutkan acara yang telah
disiapkan berikutnya.
6. Mengundang SM dari gereja-gereja sekitar untuk "pentas seni"
Paskah.
Sekolah minggu Anda dapat menjadi penggagas untuk mengadakan ibadah
Paskah bersama dengan sekolah minggu atau pelayanan anak di sekitar
gereja Anda. Sebagai permulaan, bisa memulai ide pentas seni Paskah.
Persiapan dan pelaksanaan:
a. Perlu membentuk panitia lokal dalam gereja Anda terlebih dahulu.
b. Langkah selanjutnya membuat susunan acara dengan inti acara firman
Tuhan dan pentas seni.
c. Firman Tuhan dapat disampaikan oleh pembicara tamu atau bisa juga
memasukkan pementasan drama dari sekolah minggu Anda.
d. Pentas seni yang dimaksud adalah, setiap sekolah minggu yang Anda
undang diberikan kesempatan untuk menaikkan ucapan syukur kepada
Tuhan Yesus atas kasih setianya melalui pujian, tarian, pembacaan
puisi, atau kreasi seni lainnya. Tentu saja, harus berhubungan dan
fokus pada makna Paskah.
e. Bagikan undangan ke sekolah minggu sekitar dan cantumkan dengan
jelas pentas seni apa saja yang dapat ditampilkan dalam acara
tersebut. Jangan lupa untuk memberikan tema utama (Paskah) dalam
penampilan pentas seni.
f. Karena acara ini cukup besar, perlu dipersiapkan anggaran.
Perhitungkan pemasukan dan pengeluaran yang dibutuhkan. Sesuaikan
pengeluaran dengan pemasukan yang telah direncanakan. Sebisa
mungkin buat acara yang sederhana dan tidak membuang-buang berkat
Tuhan untuk hal yang sia-sia.
Kiranya menjadi berkat bagi Rekan-Rekan semua. Selamat mempersiapkan
Paskah!