Selasa, 22 November 2011

Let the Children come to Me

"Biarkan Anak-anak itu datang kepadaKu".
Ini adalah ucapan Tuhan Yesus ketika dia sedang berkotbah diatas bukit. Saat itu anak-anak yang begitu lugu dan lucu-lucu dan ngemesin (kayak keponakan kecilku Nita dan Rian ) datang dan menghampiriNya tapi kok malah dilarang oleh murid-murid Tuhan Yesus. Kenapa yah anak-anak kecil itu dilarang mendekat kepada Yesus?
Pada dasarnya orang dewasa selalu beranggapan kalau anak-anak itu bisanya hanya buat gaduh... ribut.. apalagi kalau orang tua lagi ngobrol. Paling pantang rasanya jika si anak datang dan ikut nimbrung di ruang tamu. Yang ada malah anak-anak disuruh bobo, ato pergi bermain. Padahal anak-anak sifatnya ingin tau dan mengenal lingkungan dan orang disekitarnya. Dan itu baik buat perkembangan si anak. Dia bisa belajar beradaptasi.

Nah, ternyata murid-murid Tuhan Yesus juga berang
gapan seperti itu, kalau anak kecil hanya bisa bikin ribut, mengganggu orang dewasa yang sedang mendengarkan ajaran Tuhan Yesus.
Tuhan Yesus kan juga sudah dewasa. Apakah dia juga bepikir demikian?
Eh, ternyata salah....
Tuhan Yesus malah senang pada anak-anak. Tuhan Yesus tidak mengusir anak-anak seperti yang dilakukan murid-muriNya  daan DIA gak pilih-pilih loh, Yesus sayang semua anak-anak biarpun yang kulitnya itam, putih, kuning ato merah. Yang rambutnya hitam, pirang ato keriting, hehehe.... seperti kak Ache. ( Masih ingat lagu "Yesus Cinta semua anak" kan?). Karna anak-anak seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. Nah, adik-adik yang  manis  jangan takut  untuk datang  kepada Yesus yah...
So what's the motive so that kids didn't come to the Church?. Inilah yang menjadi sorotan pertanyaan oleh Guru Sekolah Minggu. Dan dapat dikumpulkan beberapa penyebab anak-anak tidak hadir di kebaktian Sekolah Minggu:
1. Orang tua yang kurang care. Anak memiliki kerinduan untuk datang dan membaur bersama teman-temannya di Keb
aktian Minggu anak-anak. Tapi karna kesibukan ato kurang kepedulian dari orang tua munculah pernyataan  "tidak  sempat mengantar."

2. Tergiur dengan suguhan acara film karton di televisi yang sangat menarik  perhatian anak. Di hari minggu begitu banyak acara TV yang menarik bagi anak-anak. Misalnya: Doraemon, Power Rangers, Popeye, Tom And Jerry, dan sebagainya. Jelas tayangan film dipagi hari dan suasana libur hari minggu membuat anak-anak betah di depan tv.


Kedua alasan diatas yang paling dominan muncul penyebab anak-anak tidak hadir mengikuti kebaktian minggu anak-anak.  Setidaknya  di Gereja GKPS Gloria Medan yang menjadi gerejaku. Padahal di Sekolah Minggu begitu banyak aktifitas ataupun kegiatan yang dapat memacu kreatifitas dan pengetahuan anak selain untuk menambah pengenalan mereka kepada Tuhan

Ne contoh Kegiatan anak sekolah minggu:
a. Anak-anak diberi aktifitas menggambar atau mewarnai sesuai dengan thema Firman yang mereka  terima    setiap minggu.

b. Paduan suara. Walapun tidak semudah mengajar untuk paduan suara di kalangan muda mudi. Anak-anak sekolah Minggu dibuat jadwal latihannya setiap hari Minggu jam 15.00

c. Di Hari Paskah, anak-anak sekolah minggu mengikuti perlombaan yang diberikan Guru Sekolah Minggu.     Seperti lomba mewarna telur, menceritakan kembali perjalanan Yesus ke Golgata.

d. Liburan sekolah mereka diisi dengan kebaktian padang sekaligus berlibur di tempat wisata.

e. Banyak hari yang diperingati di Sekolah Minggu, salah satunya adalah Minggu sehat dan minggu pendidikan  Anak-anak terlebih dahulu mengikuti senam kesehatan jasmani. Setalah itu anak-anak menikmati makanan sehat. Nah, puncaknya adalah ujian mengingat itu adalah minggu pendidikan. Masing anak di kelompokkan berdasarkan kelasnya. Lalu GSM memberikan naskah ujian yang semuanya itu adalah matapelajaran yang  mereka dapatkan di sekolah.

Asyik banget... Aku aja sempat iri liatnya. Dulu, waktu jaman kami sekolah minggu tidak ada sebegitu banyak dan menariknya akfitas di SM. Bener-benar bermanfaat kan jika anak-anak itu dibawa dan tumbuh berkembang di lingkungan geraja?! So, apalagi yang menjadi alasan kita untuk melarang anak-anak untuk aktif di sekolah minggu ataupun tidak punya waktu untuk mengantarkan mereka ke gereja?
Jawabnya: "No reason at all"